Wanita yang berpikir akan mampu mengubah padang pasir menjadi kebun yang indah.

Sabtu, 18 Februari 2012

Faktor - Faktor yang Menjadi Prasyarat Terjadinya Fotosintesis

Ketersediaan karbon dioksida (CO2) 
Karbon dioksida merupakan substrat yang dibutuhkan untuk melakukan proses fotosintesis. CO2 diperoleh dari atmosfer, dimana semakin tinggi konsentrasi CO­2 di udara maka semakin banyak bahan yang digunakan dalam fotosintesis. CO2 ini akan digunakan pada siklus calvin (reaksi gelap) untuk menghasilkan heksosa. Pada siklus-calvin CO2  akan difiksasi oleh ribulose 1,5-bisphosphate untuk membentuk 3-phosphoglycerate. Selanjutnya 3-phosphoglycerate akan direduksi untuk membentuk gula heksosa.

-       Ketersediaan air (H2O)
Air (H2O) merupakan salah satu prasyarat yang dibutuhkan untuk melakukan proses fotosintesis. Air yang digunakan pada proses fotosintesis berasal dari lingkungan. Dimana, air (H2O) akan digunakan untuk menghasilkan molekul oksigen dan energi dalam bentuk ATP dan NADPH pada reaksi terang.
-      
      Cahaya
Fotosintesis dapat berlangsung dalam dua tahapan, yaitu reaksi terang dan reaksi gelap. Reaksi terang terjadi jika tumbuhan diberi cahaya. Sedangkan, reaksi gelap dapat terjadi dengan atau tanpa adanya cahaya matahari. Pada reaksi terang, klorofil dan pigmen lain pada sel fotosintesis akan menyerap energi surya dan mengubahnya menjadi bentuk kimia dalam bentuk produk berenergi tinggi, yaitu ATP dan NADPH. Energi yang terbentuk pada reaksi terang ini akan digunakan untuk mereduksi karbon dioksida membentuk glukosa dan produk organik lainnya pada reaksi gelap. Meskipun berlangsung dalam keadaan gelap, reaksi gelap ini diatur oleh cahaya matahari. Selain itu, laju fotosintesis dapat maksimum jika cahaya tersedia dalam jumlah yang banyak.
  -      
        Pigmen penyerap cahaya (Klorofil).
Klorofil merupakan pigmen utama penyerap cahaya dalam proses fotosintesis.  Struktur klorofil mirip dengan struktur hemoglobin yang memiliki cicncin porfirin, akan tetapi inti pada klorofil adalah Mg2+ sedangkan pada hemoglobin adalah Fe. Ketika cahaya diserap oleh klorofil, maka energy dari cahaya akan merangsang elektron untuk bergerak dari level energi yang rendah ke level energi tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar